Waspada Penipuan Berkedok BSSN! Hati-hati Email Phishing National Data Center Breach Check

  • Whatsapp
Waspada Penipuan Berkedok BSSN! Hati-hati Email Phishing National Data Center Breach Check. (KlikSoloNews/dok)

JAKARTA, KLIKSOLONEWS.COM – Waspada penipuan berkedok BSSN, hati-hati email phishing National Data Center Breach Check.

Hati-hati penipuan berkedok Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN)! Saat ini beredar email phishing dengan menggunakan judul dan narasi “[ACTION REQUIRED] National Data Center Breach Check” untuk mencuri informasi sensitif Anda.

Tim AIS Kementerian Komunikasi dan Informatika telah mengonfirmasi bahwa email tersebut adalah upaya phishing dan bukan berasal dari BSSN.

Para penipu menggunakan modus ini untuk menyamar sebagai entitas terpercaya dan menipu korban agar memberikan informasi pribadi penting seperti informasi kartu kredit.

Dilansir laman resmi Kominfo, BSSN mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk waspada terhadap pesan yang masuk melalui email maupun media online yang mengatasnamakan BSSN.

Jangan mudah tertipu dengan judul dan narasi yang seolah-olah resmi, selalu periksa kembali sumber informasi dan verifikasinya sebelum melakukan tindakan apa pun.

Waspada Penipuan Berkedok BSSN! Hati-hati Email Phishing National Data Center Breach Check. (KlikSoloNews/dok Kominfo)

Tips Terhindar dari Phishing:

  • Periksa alamat email pengirim: Pastikan alamat email pengirim identik dengan BSSN (contoh: [@]bssn.go.id).
  • Waspadai judul dan narasi mencurigakan: Judul seperti “[ACTION REQUIRED]” sering digunakan untuk memicu kepanikan dan membuat korban terburu-buru.
  • Jangan klik tautan atau lampiran yang mencurigakan: Tautan dan lampiran dalam email phishing dapat berisi malware atau mengarahkan Anda ke situs web palsu.
  • Hubungi BSSN langsung untuk verifikasi: Jika Anda ragu dengan keabsahan suatu email, hubungi BSSN melalui saluran resmi mereka (website, media sosial, atau call center) untuk verifikasi.

Lindungi diri Anda dari penipuan online dengan selalu waspada dan teliti terhadap informasi yang diterima. Laporkan email phishing ke BSSN dan bagikan informasi ini kepada orang lain agar terhindar dari modus penipuan serupa. (ks01)

Pos terkait